Menyaksikan film the Runaways sebagai feminis, terasa sekali emotive fibration yang digaungkan film ini. Film ini adalah film tentang realitas tahun 1970an bagaimana perempuan menembus dunia laki-laki memecah Glass Ceiling dalam dunia musik Rock.
Adalah Joan Jett saksi hidup dan living legend yang menjadi biografi film ini. Tentang bagaimana film ini meceritakan hidupnya patriarkal dalam dominasi ruang berkarya Musik Rock. Musik Rock adalah musik laki-laki dan perempuan tidak ada yang main elektrik gitar. Adalah Joan Jett remaja 17 tahun yang melawan asumsi ini dan membuktikan dengan mendirikan Rock Band perempuan pertama the Runaways.
Film the Runaways diangkat dari kisah nyata yang ditulis Cherie Currie dalam memoarnya the Neon Angels Cherie Currie Story. Cherie Currie adalah vokalis the Runaways pada usia 16 tahun 1975.
Tahun 1975 dimana perempuan turut merajai musik bermain gitar (klasik) dan menyanyikan lagu folk (balada), saat itu ada Joan Baez, Judy Collins, and Jony Mitchell. Penyanyi rock perempuan yang juga memegang instrumen Janis Joplin, yang tahun 1970 meninggal.

Di film ini penyanyi Rock perempuan Suzi Cuatro adalah inspirasi dari Joan Jett, kalau dilihat penampilannya memang kelihatan kalau Joan Jett di Runaways meniru Suzi Quarto..
@Umi Lasminah bersambung

Advertisements