SURYA Online, SURABAYA – Akademi Angkatan Laut (AAL) siap menerima kadet perempuan atau taruni dalam penerimaan tahun ajaran 2013 ini.Tak hanya siap administrasi, fasilitas pun juga telah tersedia.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Madya TNI Marsetio mengungkapkan hal itu usai prosesi serah terima jabatan (sertijab) Gubenur AAL di lapangan Laut Arafuru, Jumat (8/2/2013).

“Sesuai dari keputusan Panglima TNI, kami siap menerima taruni. Nantinya namanya tidak berganti menjadi kadit tapi tetap kadet,” jelas Marsetio.

Penerimaan taruni itu bersamaan dengan TNI AD dan TNI AU, dimulai tahun 2013.

Untuk AL, Marsetio menyebutkan pihaknya mendapat jatah antara 6 hingga 8 orang taruni. “Tergantung nanti pembagiannya,” lanjut Marsetio.

Tentang jenjang karir kadet perempuan, Marsetio mengaku mereka juga berhak mendapatkan karir hingga bintang. Namun pihaknya belum bisa menjelaskan pasti.

Hingga saat ini, sudah ada dua pati Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal), yang masih berada di bagian administrasi.

“Untuk pelaut, teknik, dan lain-lainnya dilihat dulu saja, kan baru akan menerima di tahun ini,” lanjut Marsetio.

Soal kesiapan di AAL, pihaknya tidak ada persiapan fasilitas khusus. Nantinya mereka tetap mendapatkan fasilitas dan penyedian yang sama dengan kadet laki-laki. Termasuk kurikulum dan materi pendidikan baik kemiliteran maupun kelautan. –

Advertisements