Klinik Rakyat PDI Perjuangan: Menolong Rakyat Yang Sakit tanpa Berisik

Klinik Rakyat berlokasi tepat di seberang kantor DPP PDI Perjuangan jalan Lenteng Agung Jakarta Selatan telah melayani masyarakat sejak tahun 2000. Pada awalnya klinik ini bernama Unit Kesehatan dan memberi layanan akupuntur serta pelayanan kesehatan umum. Pada masa awal ini dikordinir oleh Susilo dan akupuntur oleh pak Ian yang berswadaya serta didukung penh oleh Ketua Dewan Pertimbangan PDI Perjuangan Bapak HM Taufik Kiemas.

Padatahun 2006 unit kesehatan dikelola dan didanai oleh DPP PDI Perjuangan atas inisiatif Ketua DPP PDI Perjuangan APDIPerjuangan, bahkan sebelum Dasa Prasetya point 5 Membebaskan biaya berobat bagi rakyat dicetuskan, PDI Perjuangan telah memberikan pelayanan kesehatan kepada rakyat. Bakti PDI Perjuangan diwujudkan melalui Klinik Rakyat dengan memberi pelayanan kesehatan gratis sepenuhnya. Rakyat yang datang untuk berobat tidak dipungut biaya apapun. Kartu pendaftaran gratis, Pemeriksaan Dokter/Suster gratis dan Obat Gratis.Perkecualian bayar hanya untuk pemeriksaan gula darah, kolesterol dan asam urat yang menggunakan alat dan strip yang harus dibeli. Itupun harga nya dibawah Puskesmas.dang Ruchiatna. Selanjutnya DPP PDI Perjuangan secara berkesinambungan mengelola dan mendukung penuh klinik fasilitas kesehatan dan penyediaan obat, yaitu olehDr.RibkaTjiptaning selaku Ketua DPP Bidang Kesehatan dan Tenaga Kerja, dengan kordinator penghubung DPP PDI Perjuangan dan Klinik Rakyat oleh Marhamah. Kini pengolaan Klinik dipegang oleh Ibu Sri Rahayu Ketua DPP Bidang Kesehatan, Perempuan danAnak. Sehari-hari Klinik dijalankan oleh petugas administrasi 2 orang (Pak Bob dan , Dokter 2 orang (Dr Ida dan Dr.Derry) dan 1 orang Suster Eka, serta 2 orang staf lainnya.

Meskipun berganti-ganti pimpinan DPP PDI Perjuangan,Klinik Rakyat tetap selalu beroperasi untuk menyediakan pelayanan kesehatan. Rakyat sudah datang mendaftar sejak pagi pukul.08.00 wib, istirahat dan dibuka kembali pukul 13.30 wib. Adalah Pak Efendi Tampubolon yang lebih dikenal dengan Pak Bob yang sejak tahun 2000 sudah menjadi petugas administrasi yang tekun mengurus administrasi pendaftaran pasien baru atau lama. Pak Bob mengabdi melayani rakyat yang tidak hanya berasal dari lokasi sekitar namun juga pasien dari Bogor, dan Depok. Hampir setiap hari rata-rata 100 orang berobat. Ketika ditanya pasien berapa lama dan mengapa berobat di Klinik Rakyat, pasien menyatakan obatnya cocok, dan tidak mengantri dalam pelayanannya. Obat-obatan yang diberikan Klinik Rakyat obat generic kualitas bagus. Pernah bahkan menurut pak Bob, dokter di Puskesmas sekitar bilang,”karena Klinik Rakyat, yang berobat di Puskesmas jadi sepi”.

Disamping melakukan pelayanan pengobatan, Klinik juga mengadvokasi pengurusan akte lahir dari anak yang terhambat karena ada permasalahan ayahnya tidak ada, penangangan korban luka tabrak serta pernah melakukan operasi kista, kadangkala juga difungsikan oleh Partai dalam kegiatan Bakti sosial maupun turun dalam membantu korban bencana. Semua dilakukan di Klinik yang sangat sederhana ini. Hingga kini Klinik telah membantu tidak kurang dari 20000 pasien. Bila ada penyakit yang harus ditangani lebih lanjut Klinik memberikan rujukan untuk ke Rumah Sakit.

Kadangkala Suster Eka mengantikan dokter dalam memberi pelayanan melakukan pemeriksaan dan diagnose, dan memberi resep atas persetujuan Dokter. Sebagai petugas medis Suster Eka selain memeriksa dan menulis resep juga memberikan pengetahuan tentang gizi dan makanan yang baik dan tidak baik bagi pasien. Pasien yang hadir rata-rata untuk jenis penyakit yang umum diderita rakyat flu, batuk, panas, diare dan korengan. Banyak juga yang berobat hanya untuk sekedar memeriksakan tensi atau berat badan. Klinik Rakyat terbuka dan disediakan untuk rakyat, dan masih membutuhkan banyak fasilitas lain seperti pemeriksaan gigi dan obat yang selalu tersedia . Tak banyak yang tahu tentang kerja kerakyatan PDI Perjuangan ini, namun itulah partai sejati, bekerja bukan untuk pencitraan, mengobati tanpa berisik.

 

Efendi Tampubolon (Pak Bob) Petugas Administrasi
Efendi Tampubolon (Pak Bob) Petugas Administrasi

poliklk3

Menunggu diperiksa, ditengah terik pkl. 13.30-
Menunggu diperiksa, ditengah terik pkl. 13.30-

dasaprasetyapartai

Advertisements