Buku biografi menuliskan kisah nyata kehidupan seorang manusia, pengalamannya, kesannya pada periode tertentu seseorang hidup. Sehingga kita dapat menemukan berbagai hal yang melingkupi kehidupan seorang manusia, sosial budaya, kemasyarakatan maupun alam dan lingkungan hidup yang menaunginya.

Kekuatan buku biografi tak hanya memberi informasi peristiwa pada suatu masa malahan juga menceritakan keunikan orisinalitas kehidupan manusia yang menginspirasi. Itulah yang saya temukan usai membaca buku biografi terbitan BalaiPustaka yang terbitn tahun 1980an. Buku Biografi terbitan Balai Pustaka yang sempat saya baca termasuk diantaranya Pelukis Afandi, Umar Wirahadikusuma menceritakan bahwa kedua beliau sangatlah menginspirasi sebagai karakter manusia maupun tingkah laku bijak sehari-hari dalam menghadapi tantangan dan problem kehidupan.

Membaca biografi kita kan menemukan informasi yang tidak akan ditemukan dalam wahana buku, atau wacana resmi, khususnya hal yang bersifat intim personal, maupun kontroversial.

Advertisements